PETUNJUK PENGGUNAAN SIDEKA DESKTOP

PETUNJUK PENGGUNAAN
SIDEKA DESKTOP

Di Persembahkan Oleh :
BP2DK
(BADAN  PRAKARSA PEMBERDAYAAN DESA DAN KAWASAN)
TAHUN 2016



DAFTAR ISI







 

DAFTAR GAMBAR


 

Instalasi aplikasi sideka

Untuk installasi sideka, download terlebih dahulu aplikasi sideka pada alamat http://sideka.id, dan klik  “unduh sekarang”.

Gambar 1 Instalasi Aplikasi Sideka

Double klik aplikasi sideka yang telah di download, aplikasi akan langsung terbuka dan membuat shortcut pada desktop. berikut tampilan aplikasi sideka:

Gambar 2 Tampilan Aplikasi Sideka Desktop

Login

Untuk dapat login pada aplikasi sideka desktop, poengguna dapat menggunakan username dan password yang sama dengan sideka wordpress. Masukkan username dan password kemudian klik “log masuk” untuk login, jika lupa password pengguna dapat melakukan pemulihan dengan caraklik “Kehilangan password Anda?”, berikut halaman utama sideka jika berhasil login:


Gambar 3 Halaman Login Sideka Desktop


Gambar 4Tampilan Home Sideka Desktop

Pengelolan data penduduk

Untuk Masuk Ke menu Pengelolaan data penduduk Klik menu “Data Penduduk” pada halaman utama sideka, Berikut Tampilah Halaman Pengelolaan Data Penduduk:

Berikut Penjelasan masing-masing menu :
 : Untuk menambahkan baris baru
: Untuk Menyimpan Data Penduduk
: Untuk Membuat Surat
             :Undo / Mengembalikan Data pada kondisi sebelum di edit
            : Redo / Mengembalikan Data pada kondisi setelah di edit
            : Cut / Memindahkan Data yang dipilh
            : Copy / Menggandakan data yang dipilih
            : Paste / menempelkan data hasil cut atau copy
       : Import Excel
            : Export Excel


1.1         Import dan Export  data penduduk

Untuk melakukan import data penduduk dapat dilakukan dengan cara mengklik tombol  (browse) atau mengklik tombol   Untuk import data dengan menggunakan berkas excel, sistem akan menampilkan halaman untuk memilih berkas  excel yang akan digunakan untuk import data. Pilih berkas yang akan di import kemudian  klik open untuk mengimport berkas.

Gambar 5 Halaman upload excel untuk mengimport data penduduk


Gambar 6 Data penduduk hasil import data dari berkas excel

Untuk melakukan Export data penduduk dapat dilakukan dengan cara klik tombol  (export) kemudian sistem akan menampilkan  halaman untuk menyimpan berkas yang akan di export. Isi  nama file yang akan disimpan kemudian klik tombol “Save” untuk menyimpan.

Gambar 7 Halaman SImpan file export data penduduk

1.2         Tambah data penduduk

Untuk menambahkan data penduduk dapat dilakukan dengan cara  mengklik tanda dan baris kosong akan muncul. Masukkan data pada baris yang kosong atau mucul lalu klik  tombol untuk menyimpan data yang telah ditambahkan.

Gambar 8 Halaman Tambah Data Penduduk

Untuk menghapus data penduduk dapat dilakukan dengan cara memilih baris mana saja yang akan di hapus lalu klik kanan pada baris tersebut dan klik “remove row” untuk menghapus. berikut tampilannya:

Gambar 9 Hapus Data Penduduk

1.3         Pembuatan surat

Dengan menggunakan fitur pembuatan surat ini pengguna dapat dengan mudah membuat surat dalam format word tanpa harus mengisi data penduduk yang akan dituju secara manual. Pembuatan surat dapat dilakukan dengan cara memilih  data penduduk yang akan dibuatkan surat kemudian klik tombol  .

Gambar 10 Pemilihan data penduduk untuk pembuatan surat

Sistem secara otomatis menampilkan penyimpanan berkas. Masukan nama file kemudian klik tombol “save” untuk menyimpan berkas.


Gambar 11 Simpan Berkas Surat

1.4         Filtering dan pencarian data penduduk

Untuk Filtering data penduduk dapat dilakukan dengan cara  mengklik  tombol ktp, kontak, keluarga atau kompetensi yang terdapat pada bagian header data penduduk.

Gambar 12 Filtering Data Penduduk

Jika ingin melakukan filtering data penduduk  yang memiliki kondisi tertentu dapat dilakukan dengan cara mengklik pada kolom header. Sistem akan menampilkan opsi filtering terhadap kolom tersebut. Berikut Contoh penggunaan filtering dengan kondisi pengguna ingin menampilkan filtering data penduduk yang mempunyai no kk yang sama.

Gambar 13 Filtering kolom data penduduk

Pilih “ sama dengan” kemudian isi value dengan no kk yang akan di filter dan klik “saring”. Sistem secara otomatis akan menampilkan data penduduk yang mempunyai no kk yang sama.

Gambar 14 Opsi Filtering Data Penduduk

Untuk melakukan pencarian data pada Data Penduduk dapat dilakukan dengan cara memasukkan kata kunci pada  kolom pencarian yang terdapat pada pojok kanan atas tampilan kemudian tekan “Enter”.

Gambar 15 Search Data Penduduk

Pengelolaan data keluarga

Untuk Masuk ke menu Pengelolaan data keluarga dapat dilakukan dengan cara klik menu “Data Keluarga” pada halaman utama sideka, berikut tampilan dan penjelasan masing-masing menu pada halaman data keluarga:

Gambar 16 Halaman Data Keluaga

Berikut penjelasan masing-masing menu yang terdapat pada halaman data keluarga:
: Untuk Menyimpan Data Keluarga.
: Digunakan untuk membuat Salinan kartu keluarga.
            : Undo / Mengembalikan Data pada kondisi sebelum di edit.
            : Redo / Mengembalikan Data pada kondisi setelah di edit.
: Digunakan untuk export Data Keluarga.

1.5         Export Data Keluarga

Untuk export data keluarga menjadi file dengan ekstensi .xlsx dapat dilakukan dengan cara klik tombol  kemudian sistem akan menampilkan halaman untuk menyimpan file. Masukan nama File pada kolom file name, dan klik “save” untuk menyimpan file.


Gambar 17 Export Data Keluarga

1.6         Pembuatan Kartu Keluarga

Untuk membuat kartu keluarga  dapat dilakukan dengan cara klik data keluarga lalu klik    untuk membuat Salinan kartu keluarga. Sistem secara otomatis akan menampilkan halaman untuk menyimpan file kartu keluarga, masukkan nama file kemudian klik tombol “save” untuk menyimpan.

Gambar 18 Pembuatan Kartu Keluarga

1.7         Filtering Dan Pencarian Data Keluarga

filtering data keluarga dapat dilakukan dengan cara klik tombol , berikut adalah contoh filtering data keluarga berdasarkan alamat:

Gambar 19 Filtering Data Keluarga

Pengguna juga dapat melakukan filtering data dengan suatu kondisi tertentu dengan cara klik tanda panah pada bagian samping header, sistem akan menampilkan opsi filtering.

Gambar 20 Opsi Filtering Data Keluarga


Gambar 21 Hasil filtering Data Keluarga

Untuk melakukan pencarian data pada Data Keluarga dapat dilakukan dengan cara memasukan kata kunci pada  kolom pencarian yang terdapat pada pojok kanan atas, kemudian tekan tombol “Enter.

Gambar 22 Search Data Keluarga

Pengelolaan APBDes

Untuk melakukan pengelolaan data APBDes dapat dilakukan dengan  klik menu “APBDes” pada halaman utama sideka. Jika apbdes belum pernah dibuat maka akan muncul halaman pembuatan apbdes.

Gambar 23 Pembuatan APBDes

Klik “Buat APBDes Baru”, kemudian masukkan tahun anggaran APBDes yang akan dibuat. Centang jika apbdes merupakan apbdes perubahan, kemudian klik tombol “Mulai Buat APBDes”.

Gambar 24 Isian Tahun Anggaran APBDes


Gambar 25Halaman Awal Pengelolaan APBDes

Berikut adalah penjelasan masing-masing menu pada halaman apbdes:
         : Untuk menambahkan detail baru
              : Untuk menyimpan detail APBDes
              : Undo / Mengembalikan Data pada kondisi sebelum di edit
              : Redo / Mengembalikan Data pada kondisi setelah di edit
              : Cut / Memindahkan Data yang dipilh
              : Copy / Menggandakan data yang dipilih
              : Paste / menempelkan data hasil cut atau copy
          : Import Apbdes dari Excel
              : Export Apbdes ke  Excel
              : Memilih Tahun anggaran APBDes.

1.8         Tambah Tahun Anggaran dan Detail Apbdes

Untuk menambahkan tahun anggaran klik tombol  kemudian pilih “Buat APBDes Baru”. Selanjutnya masukkan tahun anggaran seperti pada gambar tambah APBDes baru.

Gambar 26 Halaman Buat APBDes Baru

Untuk menambahkan Detail Apbdes dapat mengklik tombol   ,Sistem secara otomatis akan menampilkan halaman penambahan detail. Masukkan Kode rekening, Uraian, Jumlah, Dan Keterangan. Jika detail yang dimasukan merupakan sub detail atau rincian maka centang “ini merupakan rincian anggaran yang tidak berkode rekening”.


Gambar 27 Halaman Penambahan Detail APBDes

1.9         Import dan Export APBDes

Untuk Import Apbdes dapat dapat dilakukan dengan cara klik tombol  , kemudian Pilih berkas dan klik open untuk import Apbdes, selanjutnya klik    tanda untuk menyimpan APBDes.



Untuk Export Apbdes menjadi file dengan format .xlsx dapat dilakukan dengan cara klik tombol  kemudian pilih lokasi penyimpanan berkas.

Gambar 28 Export APBDes



Indicator TPB